Nama : Nita eldasyahNPM : 57214986
Tugas : III
CARA
MENJADI WIRAUSAHA YANG SUKSES
1. Menentukan produk
Langkah awal untuk menjadi pengusaha
/ pebisnis sukses adalah menentukan produk atau jamak disebut dengan riset
produk. Produk disini tidak selamanya harus berbentuk barang fisik, namun juga bisa
berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, bahkan bisa juga
berbentuk layanan / jasa. Untuk menentukan produk yang tepat, tentu kita harus
melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset
persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat
(konsumen) yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.
2. Mencari tahu target pasar
Pengusaha
sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai
menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk
mengetaui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam
pengapliasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh
penjualan.
Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi yang meliputi :
Target pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau lebih dikenal dengan segmentasi yang meliputi :
- Target produk
- Target lokasi
- Target demografi
- Target psikografi
Untuk mempermudah memahami maksud dari keempat poin target pasar diatas, akan berikan contoh, semisal Anda ingin menjual baju korea :
- Target produk : Remaja belasan tahun
- Target lokasi : Kota besar di indonesia
- Target demografi : Anak orang kaya, uang jajan jutaan per bulan
- Target psikografi : Remaja yang aktif di sosialmedia
Dengan menentukan dan mengetahui target, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara promosi produk, seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.
3. Memilih media promosi yang
efektif
Ada banyak media yang bisa kita
gunakan untuk promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun
perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut efektif untuk meningkatkan
penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target Anda, jika target produk Anda
adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi, sebaliknya jika
target Anda adalah orang tua yang notabenya tidak terlalu paham akan internet,
maka gunakan media tv atau radio.
5. Membuat
pembukuan untuk menghitung margin
Akan jauh
lebih baik jika pengusaha / pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari
pembukuan tersebut nantinya bisa menghitung untung dan rugi, jadi kita bisa
mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang
dikeluarkan.
Intinya
disni mengatakan bahwa, tidak ada batasan usia dalam berbisnis, dengan kata
lain jika kita ingin belajar cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa pun
juga bisa asalkan kita mau untuk berusaha, sebagai contoh adalah Mark Zukerberg
yang sukses berbisnis di usia muda, dan tentunya tidak ada kata terlambat untuk
memulai bisnis, contoh nyatanya adalah Harland Sanders yang mendirikan KFC pada
usia 65 tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar